“Fresh up Your Imagination”

“Ajibbbbbbb!” kata salah seorang member HSX yang sempet dilantik menjadi anggota resmi HSX 125 dalam mengungkapkan betapa asyiknya touring bareng HSX 125 Community ke Guci Tegal, yang terkenal sama pemandian air panas dan penghasil teh poci ini.

Berikut sedikit review perjalanan (berdasarkan data saya pribadi), yang mudah-mudahan bisa jadi referensi buat temen-temen yang pengen ngerasain asyiknya berkendara dengan roda dua ke Guci, Tegal.

“Fresh up Your Imagination” – HSX Goes to Negeri Poci,

Guci – Tegal

Keberangkatan

“Temen-temen, yuk kita briefing dulu sebelum kita berangkat”, lantang dari Sogi sang PIC touring di sebuah pelataran parkir sebuah kantor pemerintah di bilangan Bambu Apus, Ceger, udara saat itu sangat dingin, dari lengan kiri, saya lihat jarum jam menunjukkan pukul 02.00 dini hari, hari itu adalah hari Jum’at, tanggal 7 Maret 2008.

Lebih dari 40 orang, yang ternyata adalah adalah para pengendara roda dua saling mendekat mengitari Sogi yang saat itu terlihat gagah menggunakan jaket kebanggan berwarna merah dan berbalut jeans yang sedikit lusuh, serta kelopak mata yang terlihat agak sayu. Ternyata mereka adalah para anggota dan calon anggota dari Honda Supra X 125 Community yang akan melaksanakan touring resmi bertajuk “HSX Goes to Negeri Poci – Fresh up Your Imagination”, sebuah tema yang tepat untuk mengungkapkan kejenuhan para anggota yang telah lebih dari 6 bulan tidak melaksanakan bepergian secara bersama atau umum disebut “touring” secara resmi. Lebih dari 40 peserta touring, jumlah yang sangat besar untuk jarak touring yang cukup jauh (-+ 350 km), dan saya adalah salah satunya.

Itulah sekelumit cerita dari awal keberangkatan, selanjutnya saya infokan secara kronologis, detail dan ringkas berdasarkan info kondisi motor yang saya gunakan.

Pukul 02.30 peserta touring di berangkatkan menuju pitstop pertama di POM bensin Pekayon Bekasi. Di panel indikator kilometer motor saya menunjukkan angka 42.175, setelah sore tadi tangki bensin telah di isi Pertamax sebanyak 3,539 liter.

Selang 15 menit, tepatnya pukul 02.44, rombongan tiba di Pit stop pertama untuk melakukan pengirian bahan bakar.

Pukul 04.28 rombongan sampai di pitstop kedua di salah satu rumah ibadah di daerah Cikampek Barat untuk istirahat, sholat dan sarapan. Kilometer menunjukkan angka 42.242, ini berarti rombongan telah menempuh jarak -+ 67 kilometer. Kondisi jalanan yang kami lewati dari mulai keberangkatan sampai ke pitstop kedua ini kondisinya sangat rusak parah, Jalur dari Pekayon sampai Kerawang rusak parah dibeberapa titik dan banyak lubang-lubang besar, Kerawang – Cikampek, kondisi jalan sedikit lebih mulus, walalu masih ada beberapa lubang-lubang besar.Dari pitstop Cikampek Barat ini, rombongan diberangkatkan kembali pukul 06.15 menuju pitstop selanjutnya.

Pukul 07.17, rombongan kembali berhenti untuk melakukan pengisian bahan bakar di SPBU Sukasari Pamanukan. KM menunjukkan angka 42.297, HSX diisi Pertamax sebanyak 3,15 liter (-+ Rp 25.000). Kondisi jalan dari Cikampek sampai Pamanukan tidak berbeda jauh, masih rusak dan berlubang.

Pukul 08.30 rombongan diberangkatkan kembali. Pukul 10.23, pitstop kembali di SPBU Plumbon, Cirebon. KM jatuh diangka 42.404, Bahan bakar diisi kembali sebanyak -+ 1,8 liter (Rp 15.000).Kondisi jalan selama perjalanan dari Pamanukan sampai Cirebon sedikit lebih mulus.

Pukul 12.37, rombongan berhenti untuk makan siang dan sholat jum’at di Brebes. KM menunjukkan angka 42.460. Kondisi jalan hancur dan di Losari pada jalur berlawanan terlihat sedang diperbaiki. Memasuki Tegal rombongan disambut oleh rekan-rekan dari IMOST (Ikatan Motor Supra Tegal), dan dibawa untuk istirahat di GOR Wisanggeni, Tegal. Di GOR, waktu menunjukkan pukul 13.55 dan KM: 24.490, dari GOR rombongan dibawa ke café Bikers Tegal (Asosiasi seluruh Club/Community di Tegal) untuk makan siang, Waktu menunjukkan pukul 14.17, waktu yang cukup telat untuk makan siang. Untung Soto dagingnya ma’ nyos!, lelah, lapar hilang seketika.

Kelar makan siang, rombongan lanjut menuju ke penginapan di Guci, tiba pukul 16.17, KM menunjukkan angka 42.532, ini berarti dari Jakarta sampai Guci plus muter-muter di kota Tegal HSX sudah menempuh jarak kurang lebih 357 kilometer.

Review Keberangkatan

Jalur: Jakarta – Pondok Gede – Bekasi – Cikarang – Kerawang – Cikampek – Pamanukan – Indramayu – Cirebon – Losari – Brebes – Tegal – Guci

Kilometer: 357 KM

Konsumsi bahan bakar (Pertamax):

Pengisian 1= 3,54 liter, Rp 28.000 (Jakarta)

Pengisian 2= 3,15 liter, Rp 25.000 (SPBU Sukasari, Pamanukan)

Pengisian 3= 1,8 liter, Rp 15.000 (SPBU Plumbon, Cirebon)

TOTAL= 8.49 liter, Rp 68.000,- dengan kondisi masih ada sisa bensin 2 liter sampai pengisisan kembali saat kepulangan.

Lama perjalanan keberangkatan + isoma

02.30 (JKT) – 16.17 (Guci, Tegal) = 13 jam 47 menit

Photo-photo Touring Pelantikan Angkatan IX – Guci, Tegal bisa dilihat di:

http://hsx125c.multiply.com/photos/album/72/7-9.03.08_Pelantikan_9th_di_Guci_Tegal

http://hsx125c.multiply.com/photos/album/83/07-09.03.08_Pelantikan_ke_9th_Guci_Tegal_3_Courtesy_ByAdhi

dan

http://hsx125c.multiply.com/photos/album/73/HSX_Goes_to_Negeri_POCI

—END—

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: