Azag Izig ke Cidaun, Pantai Jayanti

Azag Izig ke Ciwidey – Situ Patenggang – Cidaun – Sindang Barang – Cianjur

Akhirnya kesampean juga azag izig ke selatan Cianjur, kali ini Vario Frozen Blue yang bertugas mengawal selama perjalanan.

Tim yang berangkat kali ini rekan-rekan dari HSX 125: Noer 014, Panji 087, Edo 156 plus kakak yang memang dari awal udah nafsu mau membantai jalur selatan Cianjur. Total 5 motor dengan saya.

Rute disepakati rute memutar melalui Jl. Raya Bogor – Bogor – Puncak – Padalarang – Cimahi – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang – Rancabali – Balegede – Cipandak – Cidaun – Pantai Jayanti – Sindang barang – Tanggeung – Sukanegara – Cianjur – Puncak – Bogor – Jl. Raya Bogor.

Tikum disepakati di SPBU di daerah Cilodong, start dari kediaman tepat jam 22.00, Kamis, 28 Januari 2010, tapi tim baru kumpul jam 23.30 WIB. Langsung start menuju pitstop 1 di RM Idola Cianjur.

Sampai di pitstop 1 jam 01.50, isi perut plus leha-leha sebentar, start lagi jam 02.40. Setelah sempat isi bbm di seputaran Padalarang, tim sampai di pitstop ke-2 jam 04.00 pagi di sebuah mesjid deket stadion Jalak Harupat Soreang. Selesai tidur sesaat dan bersih-bersih, tim kembali jalan jam 07.30 pagi dan sampai di Ciwidey jam 08.00 untuk sarapan.

Dari Ciwidey, jam 09.00 pagi perjalanan dilanjutkan menuju titik tujuan Cidaun/Pantai Jayanti melalui rute yang sama sekali belum pernah kita lalui, Cuma berbekal peta dan info dari beberapa blog (thank to Bro Apdri, http://www.apdri.wordpress.com atas infonya).

Selama perjalanan, tim disuguhi pemandangan alam yang amat teramat menakjubkan, pegunungan, bukit, kebun teh, lembah, sungai dan air terjun menghiasi perjalanan kami. Rute ini memang bukan rute terbaik yang pernah dijalani, namun view nya patut ditempatkan di urutan pertama.

Tugu Perbatasan Kab. Bandung & Cianjur

Sempat beberapa kali ambil foto dan video sepanjang perjalanan, 40 menit dari Ciwidey, melewati perkebunan teh, kami sempat berhenti sejenak di tugu perbatasan antara Kab. Bandung dan Cianjur, setelah itu sepanjang 3 km kami melewati hutan (pinus?) dan tiba di Kampung Naringgul / Balegede. Setelah melewati desa tersebut, tim sepakat berhenti di Jembatan Sungai Cipandak, karena tergiur, akhirnya kami pun mandi di sungai Cipandak, kebetulan di samping jembatan ada warung kopi. Hampir satu jam kami pitstop di sana. Jam 10.50 tim kembali berangkat menuju Cidaun.

Tepat jam 12.30, tim tiba di Cidaun, di pertigaan, tim sempat ambil ke kanan, tapi ternyata arah ke Pantai Jayanti ke kiri, sedangkan ke kanan menuju ke Sindang barang. Melewati jembatan beton yang sepertinya baru selesai dibangun, tim akhirnya sampai ke Pantai Jayanti (3 km dari Cidaun) jam 13.00.

Cidaun

Pantai Jayanti cukup bersih namun kurang terawat, sisi kiri merupakan pelabuhan nelayan dan terdapat TPI (Tempat Pelelangan Ikan), sisi kanan ada sedikit karang dan lokasi berenang (pasir).

Penginapan terdapat dua penginapan besar di sisi kanan, yang lebih ke arah Pantai, bercat orange lebih bagus dari satu nya, harga sekitar 250 ribu satu rumah. Rekomendasi ambil kamar nomor 1 yang menghadap ke pantai. Namun saat tim kesana seluruh pondokan yang berkisar sekitar 30 pondokan semua sudah di-booking, akhirnya tim menginap di penginapan yang satunya lagi yang bercat biru langit, tarif awal 250 ribu, namun tawar menawar, akhirnya dapet 150 ribu per malam. Pondokan satu rumah, 1 double bed + 1 kasur ampar + TV.

Gerbang menuju Pantai Jayanti

Pantai Jayanti

Di Pantai Jayanti, tim sempat wisata kuliner dan wisata pantai. Tidak terlalu ramai memang kondisi pantainya.

Besok paginya, Sabtu, 30 Januari 2010, jam 09.30, tim melanjutkan perjalanan menuju Sindang barang. Jalan cukup bagus, walau aspal sedikit bebatuan. Di suatu spot pantai, tim sempat singgah, melewati pematang sawah dan muara sungai. Setelah foto-foto, perjalanan dilanjutkan. Jarak Cidaun – Sindang barang hanya berkisar 30 km.

Kondisi jalan & pemandangan sepanjang Cidaun - Sindang Barang

Di Sindang barang tim singgah ke Pantai Apra, pantai teramat sepi dan hanya ada satu warung kopi saja. Pantai nya pun kurang begitu eksotik dan berpasir kecoklatan, sehingga terkesan kotor dan panas.

Selepas dari Pantai Apra, tim sempat singgah ke tempat kerabat di Desa Sinar Galih, Cuma berjarak 8 km dari Sindang barang, namun karena medan yang parah, harus dilewati selama lebih dari 1 jam, bahkan saat hujan, pulangnya tim harus menempuh hampir 2 jam perjalanan. Di samping jalan licin bebatuan, trek nya juga basah dan berlumpur.

Sampai kembali di Sindang barang menjelang maghrib, setelah sempat istirahat, ba’da maghrib tim kembali melanjutkan perjalanan menuju Cianjur. Namun karena trek yang mulai gelap dan hujan lebat, tim sepakat untuk menginap satu malam di Tanggeung, pertengahan antara Sindang barang dan Cianjur. Lumayan dapat penginapan yang cukup nyaman hanya dengan 70 ribu rupiah per kamar. 1 kamar 1 double bed dan 1 single bed + TV. Tim sepakat ambil 2 kamar.

Minggu, 31 Januari 2010, pukul 10.00 perjalanan kembali dilanjutkan, view lumayan bagus dan jalur berkelok-kelok, dengan sajian pemandangan perbukitan. Sempat mampir selama kurang lebih satu jam di salah satu bengkel AHASS di daerah Sukanegara untuk ganti kampas rem depan vario. Sempet juga mencicipi duren pinggir jalan, kira-kira 3 km sebelum masuk ke Kota Cianjur. Lepas dari Cianjur, rute yang dilalui rute umum Cianjur – Cipanas – Puncak – Cisarua. Pitstop sesaat di Cisarua dan belanja oleh-oleh di Bogor. Tim berpisah di Bogor menuju kediaman masing-masing. Sekitar pukul 17.00 akhirnya sampai di gerbang rumah dengan sehat dan selamat.

Berikut Data dalam Tabel:

Review Waktu Perjalanan

Total Waktu Perjalanan

Keberangkatan:Cibubur – Ciwidey (via Soreang) = 275 mnt = 4 jam, 35 mnt + Ciwidey – Cidaun = 155 mnt = 2 jam, 35 mnt + Cidaun – Pantai Jayanti = 15 mnt –> Total Keberangkatan = 7 jam, 25 mnt

Kepulangan: Pantai Jayanti – Sindang Barang = 1 jam + Sindang Barang – Cianjur = 240 mnt = 4 jam + Cianjur – Cibubur = 185 mnt = 3 jam, 5 mnt –> Total Kepulangan = 8 jam, 5 mnt

Catatan: waktu perjalanan di atas belum termasuk waktu pitstop/istirahat selama perjalanan & dengan kecepatan rata-rata antara 30 – 80 km/jam

Review Jarak Tempuh (kilometer)

Total Jarak Tempuh

Cibubur – Pantai Jayanti (via Puncak – Padalarang – Soreang – Ciwidey – CIdaun) = 246 KM + Pantai Jayanti – Cibubur (via Cidaun – Sindang Barang – Cianjur – Puncak) = 239 KM + Seputaran Pantai Jayanti = 7 KM + Sindang Barang – Ds. SInar Galih – Sindang Barang (mengunjungi kerabat) = 16 KM –> TOTAL = 508 KM

Review Konsumsi BBM

(c) 2010, Herlun #002

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: